!-- SCM Music Player http://scmplayer.net --> expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 12 Agustus 2016

Tugas PKn 2

Uji Kompetensi 2       

1 Mengapa Bangsa Indonesia bersedia mengamalkan nilai - nilai Pancasila ?
 Karena Pancasila adalah sumber hukum yang terikat dan bersifat memaksa. Dalam hal ini warga negara harus tunduk dan patuh atas pearaturan atau kandungan dalam Pancasila agar terciptanya suatu tujuan negara yang baik. Oleh karena itu diharuskan bagi warga negara Indonesia untuk agar melaksanakan, mewariskan, mengembangkan, dan melestarikan nilai-nilai Pancasila

2 Mengapa dibutuhkan sebuah ideologi bagi negara ?

Karena melalui ideologi, negara mampu membangkitkan kesadaran akan kemerdekaan, memberikan orientasi mengenai dunia beserta isinya, serta memberikan motivasi perjuangan untuk mencapai hal yang dicita-citakan. Ideologi juga memberikan arah dan tujuan yang jelas menuju kehidupan yang dicita-citakan oleh suatu bangsa.

3 Tuliskan pengertian ideologi menurut A Destutt de Tracy !
 
Pengertian ideologi menurut A. Destutt de Tracy adalah bagian dari filsafat yang merupakan ilmu yang mendasari ilmu-ilmu seperti pendidikan, etika, politik, dsb.

4 Jelaskan yang dimaksud dengan dimensi idealisme !

Dimensi idealisme adalah kadar atau kualitas idealisme yang terkandung di dalam ideologi atau nilai-nilai dasarnya. Kualitas itu menentukan kemampuan ideologi dalam memberikan harapan kepada berbagai kelompok atau golongan yang ada dalam masyarakat untuk mempunyai dan membina kehidupan bersama secara lebih baik dan untuk membangun suatu masa depan yang lebih cerah.


5 Sebutkan ciri - ciri ideologi tertutup !

  • Bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat, melainkan cita-cita sebuah kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk mengubah masyarakat.
  • Apabila kelompok tersebut berhasil menguasai negara, ideologinya itu akan dipaksakan kepada masyarakat. Nilai-nilai, norma-norma, dan berbagai segi kehidupan masyarakat akan diubah sesuai dengan ideologi tersebut.
  • Bersikap totaliter, artinya mencakup atau mengurusi semua bidang kehidupan. Ideologi tertutup cenderung cepat-cepat berusaha menguasai bidang informasi dan pendidikan. Oleh karena itu, kedua bidang tersebut merupakan sarana efektif untuk memengaruhi perilaku masyarakat.
  • Pluralisme pandangan dan kebudayaan ditiadakan, hak asasi tidak dihormati.
  •  Menuntut masayarakat untuk memiliki kesetiaan total dan kesediaan untuk berkorban bagi ideologi tersebut.
  •  Isi ideologi tidak hanya nilai-nilai dan cita-cita, tetapi tuntunan-tuntunan kongkret serta operasional yang keras, mutlak, dan total.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar