PILIHAN GANDA
UJI KOMPETENSI 4
1.Contoh upaya dalam menerapkan nilai kepribadian
bangsa Indonesia berdasarkan nilai – nilai Pancasila berikut ini adalah ...
a. Mendisiplinkan diri diwaktu bekerja dan belajar
b. Melaksanakan kerjasama yang menghasilkan jasa
c. Melestarikan nilai – nilai kegotong royongan
d. Memupuk diri dengan akhlak yang baik/mulia
e. Suka membantu teman – teman dalam kesulitan
a. Mendisiplinkan diri diwaktu bekerja dan belajar
b. Melaksanakan kerjasama yang menghasilkan jasa
c. Melestarikan nilai – nilai kegotong royongan
d. Memupuk diri dengan akhlak yang baik/mulia
e. Suka membantu teman – teman dalam kesulitan
2.Dalam menyelesaikan masalah, bangsa Indonesia harus
menjadikan Pancasila sebagai tolok ukur dalam memecahkan masalah bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegaramencerminkan fungsi Pancasila sebagai ...
a. Dasar negara
b. Perjanjian luhur
c. Pandangan hidup
d. Paradigma kehidupan
e. jiwa kepribadian bangsa
a. Dasar negara
b. Perjanjian luhur
c. Pandangan hidup
d. Paradigma kehidupan
e. jiwa kepribadian bangsa
3.Rumusan sila-sila pancasila memiliki makna yang
terdalam, menunjukan adanya sifat-sifat yang umum, dan abstrak karena merupakan
suatu nilai Pancasila yang bersifat....
a. umum
b. objektif
c. subjektif
d. universal
e. fundamental
4.Pancasila sebagai sumber nilai mengandung nilai –
nilai yang sifatnya tetap atau tidak berubah dan nilai tersebut merupakan
esensi dari sila – sila Pancasila yang bersifat universal. Adapun nilai yang
dimaksud disebut sebagai ...
a. Nilai instrumental
b. Nilai dasar
c. Nilai normative
d. Nilai praksisa
e. Nilai material
5.Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai sumber nilai adalah ….
a.kehidupan bangsa Indonesia itu
harus sesuai dengan kepribadiannya.
b.keberhasilan dan kemajuan bangsa Indonesia diukur dengan kepribadiannya.
c.yang menjadi sumber ukuran baik atau tidak adalah kepribadiannya.
d.masyarakat Indonesia yang maju adalah yang tinggi intelektualnya.
e.kalau kita selalu berupaya
menunjukkan bangsa dan negara yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar