!-- SCM Music Player http://scmplayer.net --> expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 14 Oktober 2016

Uji Kompetensi 5


Uji Kompetensi 5

1.      Mengapa rakyat harus terlibat dalam upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah?
Pembangunan menjadi tanggung jawab seluruh bangsa indonesia. Masyarakat mempunyai tanggung jawab untuk mendukung pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Untuk menyukseskan pebangunan, seluruh rakyat harus mendukung dengan cara melaksanakan peraturan- peraturan dan kebijakan yang dari pemerintah. Pemerintah menetapkan peraturan agar rakyat hidup damai, jika masyarakat hidup damai tidak akan ditemui kesulitan dalam upaya pembangunan.
2.      Aspek apa yang harus diperhatikan dalam pembangunan nasional?
a) Aspek politik
b)    Aspek ekonomi
c)    Aspek sosial budaya
d)    Aspek pertahanan dan keamanan
3.      Mengapa globalisasi mampu membawa pengaruh positif bagi pembangunan nasional!
Karena dengan adanya globalisasi membawa perubahan terhadap pabrik industri di Indonesia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, kini semakin mempermudah dan mempercepat proses produksi. Kondisi ini membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga membawa pengaruh positif bagi pembangunan nasional.
4.      Jelaskan makna pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan ekonomi
Secara khusus, sistem ekonomi harus mendasarkan pada dasar moralitas ketuhanan ( sila ke-1 ) dan kemanusiaan ( sila ke-2 ). Sistem ekonomi yang mendasarkan pada moralitas dan humanistis akan menghasilkan sistem ekonomi yang berkemanusiaan. Sistem ekonomi juga harus menghargai hakikat manusia baik sebagai makhluk individu, sosial, maupun makhluk Tuhan .
Pembangunan ekonomi harus mampu menghindarkan diri dari bentuk-bentuk persaingan bebas, monopoli, dan bentuk lainnya yang hanya akan menimbulkan penindasan, ketidakadilan, penderitaan dan kesengsaraan warga negara.
5.      Sebukan caramewujudkan kerukunan beragama!
Harus menumbuhkan sikap saling menghormati dan menghargai antar pemeluk agama lain ( bertoleransi ). Misalkan dengan membiarkan orang lain menjalankan ibadahnya, tidak mencampuri urusan agama lain, dan tetap menjalin hubungan baik dengan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar